Setting SMTP Gmail pada WordPress di DigitalOcean

Saya adalah web developer yang hampir selalu menggunakan WordPress untuk membangun website. WordPress menawarkan kemudahan konfigurasi dan memungkinkan untuk menambahkan fitur hanya dengan menginstall plugin. Apabila saya memerlukan kebutuhan yang spesifik, barulah kemudian saya membuat skrip yang bisa dengan mudah terintegrasi dengan WordPress. Banyaknya fitur dan kemudahan untuk mengembangkan di WordPress, membuat saya selalu menjadikan WordPress sebagai pilihan pertama.

Saya paham, WordPress masih dianggap sebagai blog platform. Jadi seringkali saya dapat komentar dari calon klien, “Kok pakai WordPress? Pakai CI dong, pakai Laravel atau Yii dong”. Percayalah, semua framework itu hanyalah alat (tools), tergantung siapa yang meracik. Saya cukup percaya diri untuk membangun website menggunakan WordPress sekaligus  bisa mengoptimasi dari sisi performa dan keamanannya.

Oke, kembali ke judul.

Sudah sejak tahun 2012 saya tidak menggunakan layanan web hosting untuk meletakkan website saya atau klien. Saat ini saya menggunakan layanan cloud hosting dari DigitalOcean dengan alasan harga yang lebih murah dan lebih bebas untuk melakukan optimasi.

Apabila dulu pernah mendengar mengenai VPS (Virtual Private Server), maka cloud server adalah teknologi yang lebih maju dari VPS karena menawarkan lebih banyak fitur. Namun demikian, jika ingin menggunakan keduanya, setidaknya harus memahami dasar-dasar networking, operating system, dan keamanan sistem. Karena nanti kita hanya akan mendapatkan sebuah server yang masih kosong, lalu kita harus menginstall dan mengkonfigurasinya sampai siap untuk digunakan.

Masalah yang biasa dihadapi oleh pengguna awal WordPress di cloud server adalah, tidak bisa mengirimkan email. Ini pasti terjadi, karena servernya belum dikonfigurasi untuk dapat mengirim email. Jika mencari tutorial untuk bisa mengirim email menggunakan cloud server, pasti akan mendapatkan tutorial yang cukup mengerikan. Karena pasti akan diminta untuk menginstal mail server, dan ini tidak mudah.

Baca Juga:   Mengatasi Lama Pengiriman Menggunakan SMTP Gmail di DigitalOcean

Keuntungan menggunakan WordPress, saya cukup menginstall sebuah plugin saja, namanya Easy WP SMTP. Plugin ini berfungsi untuk melakukan relay ke SMTP server yang dituju, kemudian emailnya akan dikirim oleh SMTP tersebut.

Bingung?

Jadi begini, Email terbagi menjadi 2 layanan, yaitu layanan penerimaan dan layanan pengiriman. Untuk layanan penerimaan akan dilayanai oleh POP3 atau IMAP, kemudian untuk layanan pengiriman akan dilayani oleh SMTP.

Idealnya, server yang ingin bisa menangani email harus menginstal 2 layanan tersebut, misalnya POP dan SMTP sehingga nanti servernya bisa menerima dan mengirim email. Tapi masalahnya, proses instalasi dan konfigurasinya cukup ribet, apalagi untuk orang awam. Belum nanti jika harus memperhatikan keamanan, performa, dan kapasitas penyimpanan.

Nah, plugin Easy WP SMTP ini akan melakukan relay, atau meneruskan pesan yang seharusnya dikirim oleh server kita, menuju ke SMTP server yang ada di luar. Misalnya adalah SMTP Gmail. Jadi kita tidak perlu lagi menginstall mail server.

Saya yakin, Anda memiliki akun Gmail. Apalagi jika Anda punya Smartphone Android. Itu sudah jadi modal yang cukup untuk mulai mengkonfigurasi plugin supaya dapat terhubung dengan SMTP Gmail, dan akhirnya WordPress dapat mengirimkan email menggunakan akun email Anda.

Pertama, tambahkan plugin Easy WP SMTP melalui Dashboard WordPress Anda, plugin ini sudah tersedia di repository plugin dan bisa Anda dapatkan secara gratis. Silakan aktifkan plugin setelah Anda menginstalnya.

Sebelum mengkonfigurasi plugin, Anda harus melakukan sedikit perubahan pada akun Gmail Anda, yaitu dengan memperbolehkan penggunaan aplikasi yang dianggap kurang aman. Silakan kunjungi halaman Less Secure App untuk mengaktifkan opsi yang ada disana. Anda dapat mempelajari maksud dari fitur ini atau menonaktifkan fitur ini kapanpun.

Baca Juga:   Berlangganan IndiHOME

Gmail memiliki aturan yang cukup ketat dalam menjaga penggunanya, terutama dalam membatasi penggunaan aplikasi yang dianggap tidak aman. Ada banyak kriteria yang ditetapkan oleh Gmail supaya aplikasinya dianggap aman, Easy WP SMTP tidak termasuk dalam kriteria tersebut. Namun bukan berarti kemudian nanti website kita jadi rentan, karena kriteria tersebut ditujukan untuk hal lain dan tidak berhubungan dengan kebutuhan pengiriman email.

Setelah Anda mengaktifkan opsi Less Secure App, selanjutnya adalah membuka halaman konfigurasi plugin WP Easy SMTP. Terdapat beberapa konfigurasi yang perlu Anda isi, silakan ikuti panduan berikut:

  • From Email Address: masukkan alamat Gmail Anda.
  • From Name: masukkan nama Anda.
  • SMTP Host: smtp.gmail.com
  • Type of Encription: TLS
  • SMTP Port: 587
  • SMTP Authentication: Yes
  • SMTP Username: masukkan alamat Gmail Anda seperti di kolom pertama
  • SMTP Password: masukkan password Gmail Anda
  • Klik Save

Selanjutnya, lakukan pengujian dengan scroll ke bagian Testing & Debugging Settings di bawah. Isikan kolom-kolom tersebut dengan alamat email Anda. Apabila Anda mendapatkan kiriman email dari alamat Gmail yang telah disetting sebelumnya, maka konfigurasi berhasil dan WordPress telah dapat mengirimkan email.

Apabila saat pengujian, Anda merasa pengiriman email terasa lambat. Saya sarankan Anda mengikuti tutorial saya berikutnya untuk mengatasi lama pengiriman email menggunakan SMTP Gmail di DigitalOcean.

Tinggalkan Balasan