Mengatasi Lama Pengiriman Menggunakan SMTP Gmail di DigitalOcean

Pada artikel sebelumnya, saya menulis cara mengkonfigurasi SMTP Gmail pada WordPress di DigitalOcean. Tapi ada satu isu, yaitu apabila saya menggunakan IPv4 di droplet DigitalOcean, semua konfigurasi dapat berjalan lancar. Namun bila saya mengaktifkan fitur IPv6 di droplet, maka WordPress membutuhkan waktu yang lama untuk mengirimkan email. Saya bisa menunggu hingga 5 menit hanya untuk menunggu sebuah email bisa terkirim ke suatu alamat.

Tentunya, ini cukup mengganggu.

Setelah mencari ke sejumlah tempat, akhirnya saya mendapatkan penjelasannya dari DigitalOcean. Rupanya secara default DigitalOcean akan memblokir akses ke SMTP server yang menggunakan IPv6. Apabila fitur IPv6 di droplet diaktifkan maka secara default droplet akan mengakses SMTP Gmail menggunakan alamat IPv6. Inilah yang dihindari oleh DigitalOcean.

Alasannya, cukup beralasan. Karena jika suatu saat ada satu IP milik DigitalOcean yang terkenal blacklist akibat aktivitas ilegal seperti spamming, maka efeknya akan menimpa ke satu segmen IP tersebut, dan tidak hanya ke satu IP saja. Maka demi kemaslahatan umat bersama, DigitalOcean mengijinkan untuk akses ke SMTP server hanya menggunakan IPv4.

Bagaimana solusinya? Tentunya menonaktifkan fitur IPv6 di droplet bukanlah sebuah solusi yang baik. Dari hasil pencarian, saya menemukan solusi dengan mengedit sebuah file di Ubuntu 16.04 yang saya gunakan, tepatnya di file /etc/gai.conf.

Silakan buka file /etc/gai.conf menggunakan akses sudo, kemudian cari skrip berikut

# precedence ::ffff:0:0/96  100

Anda cukup menghapus tanda # pada baris tersebut sehingga menjadi

precedence ::ffff:0:0/96  100

Perubahan di atas artinya meminta droplet untuk mengutamakan menggunakan IPv4 untuk terkoneksi ke suatu server, dan ini bertujuan supaya droplet mengakses SMTP Gmail menggunakan IPv4.

Langkah selanjutnya adalah tinggal melakukan restart pada droplet, dan seharusnya sekarang WordPress tidak memerlukan waktu yang lama lagi untuk mengirim email.

Tinggalkan Balasan