Membuat Verified Facebook Page Bale Bandeng

Facebook Page ternyata bisa diberi label verified dengan tanda centang berwarna abu-abu di samping namanya. Saya taunya juga tidak sengaja sewaktu membuka menu settings di Facebook Page Bale Bandeng, disitu saya melihat ada tulisan bahwa Page is not verified. Ketika saya klik, muncul informasi bagaimana cara supaya FB Page dapat terverifikasi, cara termudah adalah dengan memasukkan nomor telp yang akan dihubungi oleh Facebook untuk dibacakan 4 angka unik. Nantinya keempat angka tersebut tinggal dimasukkan ke dalam kolom yang tersedia. Langsung saja, saya masukkan nomor hp untuk memulai proses verifikasi. Dalam beberapa detik hp berbunyi, kemudian ada robot yang membacakan angka, saya masukkan nomor itu, hasilnya.. Gagal.

Saya bingung, padahal jelas-jelas Facebook sudah menghubungi hp dan membacakan 4 angka unik. Namun ketika saya masukkan angka tersebut, Facebook tidak dapat untuk melakukan verifikasi terhadap nomor saya yang terhubung dengan Facebook Page Bale Bandeng. Saya sudah mencoba berkali-kali bahkan berbeda waktu, namun hasilnya tetap sama. Gagal. Facebook memberikan saran supaya saya mengirimkan scan dokumen sebagai alternatif proses verifikasi, tapi saya nggak mau. Saya belum percaya untuk memberikan dokumen resmi ke perusahaan iklan.

Apa sih keuntungan dengan verifikasi Facebook Page? Katanya sih nantinya Facebook Page akan lebih terpercaya di mata pengunjung. Selain itu, katanya Facebook Page kita akan mendapatkan prioritas untuk muncul di hasil pencarian yang dilakukan oleh pengunjung. Hal inilah yang menjadikan saya untuk lebih mencari tahu bagaimana supaya Facebook Page Bale Bandeng dapat terverifikasi, tanpa harus mengirimkan dokumen.

Akhirnya, saya menyadari bahwa Facebook juga tidak mengirimkan dokumen apapun untuk proses verifikasi. Berbeda dengan Google yang repot-repot mengirimkan kartupos untuk proses validasi. Pasti ada yang salah dengan cara saya sebelumnya, kemudian saya mengulang proses verifikasi lagi namun kali ini nomor telp rumah yang saya masukkan. Beberapa detik kemudian telp rumah berdering, robot Facebook membacakan angka, lalu saya masukkan angka tersebut ke kolom yang tersedia. Hasilnya, Sukses! Facebook Page Bale Bandeng is verified!

Baca Juga:   Berlangganan Biznet Metronet Untuk Kantor

Rupanya untuk melakukan verifikasi Facebook Page, harus memasukkan nomor telp rumah. Saya tidak membaca persyaratan ini di halaman bantuan Facebook, sehingga mau dicoba berkali-kali juga nggak akan bisa jika yang saya masukkan adalah nomor hp. Mudah-mudahan ini bisa membantu bagi yang tertarik untuk melakukan verifikasi pada Facebook Page.

Bagaimana dengan yang tidak punya nomor telp rumah?

Seperti yang tadi saya bilang, karena saya tidak menemukan aturan ini di halaman bantuan Facebook maka saya tidak tau jawabannya juga. Tapi mungkin bisa coba untuk memanfaatkan layanan EsiaTalk untuk mendapatkan nomor virtual dengan kode area, lalu gunakan nomor itu untuk proses verifikasi. Saya belum coba, tapi sepertinya layak untuk dicoba.

Tinggalkan Balasan