Pantau Lalu Lintas Pesawat Secara Real Time

Dunia penerbangan sedang berduka, kali ini maskapai Malaysia Airlines kembali mengalami musibah setelah salah satu pesawatnya jatuh dan hingga tulisan ini ditulis, penyebabnya masih simpang siur. Kemudian juga muncul berita bahwa sekarang di wilayah udara Ukrania sedang kosong akibat imbas dari jatuhnya Malaysia Airlines. Apakah ada hubungannya antara keduanya? Kita tunggu saja penyelidikan dari pihak yang berwenang.

Tulisan ini bukan untuk membahas insiden memilukan itu, tapi lebih ke gimana sih cara memantau lalu lintas penerbangan? Biasanya yang boleh melihat data lalu lintas penerbangan hanyalah petugas yang bekerja di bagian ATC (Air Traffic Control), merekalah yang akan mengatur lalu lintas penerbangan dan bandara supaya lancar jalannya. Mirip sama pak Polantas yang mengatur lalu lintas di jalan raya. Nah, ternyata data-data yang disimpan oleh petugas ATC itu dapat diakses dan kemudian kita dapat memantau penerbangan itu secara real time.

Silakan buka web FlightRadar24 untuk melihat informasi yang saya maksud.

flightradar24

 

Gambar diatas itu adalah contoh data real time pesawat yang sedang terbang, saya biasa menggunakan ini untuk memantau penerbangan semua penumpang yang membeli tiket sama saya. Jadi setidaknya saya bisa tau apakah pesawat yang mereka tumpangi itu bakalan delay atau ndak. Selain itu ada keasyikan tersendiri saja melihat icon pesawat yang bergerak dengan berbagai informasi yang menyertainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *