Mudahnya Mengatur Keuangan Secara Online

ngaturduit

Dimuat di rubrik Konek Suara Merdeka hari Minggu 12 Agustus 2012

“Horee udah mau Lebaran, bakal dapet THR dong”

Salah satu hal yang ditunggu pada bulan Ramadhan  adalah bertambahnya penghasilan, salah satunya adalah dari Tunjangan Hari Raya (THR). Bagi pegawai sudah pasti akan mendapatkan THR dari kantor, bagi anak sekolah atau mahasiswa nantinya juga akan mendapatkan THR dari orang tua atau sanak saudara. Intinya akan ada penghasilan tambahan yang bisa digunakan untuk menikmati liburan.

Namun bila tidak hati-hati, ada pendapatan yang besar biasanya juga diikuti dengan pengeluaran yang besar juga. Tidak jarang sehabis liburan yang terjadi malah kita kehabisan uang, terlambat membayar tagihan, tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup di bulan selanjutnya. Hal ini cukup memprihatinkan, karena sebetulnya hal tersebut bisa dihindari jika kita cermat dalam mengatur keuangan.

Apakah susah mengatur keuangan? Sebenarnya tidak, kita hanya rajin mencatat pemasukan dan pengeluaran uang saja. Kita bisa mencatat cashflow itu di berbagai media, yang termudah bisa menggunakan buku tulis yang sering dilakukan oleh orang tua kita. Dengan catatan keuangan yang rapi maka kita akan bisan tahu berapakah uang yang kita dapatkan di bulan ini atau berapa banyak uang yang sudah kita habiskan di bulan ini.

“Saya malas jika harus membawa buku kemanapun hanya untuk mencatat keuangan”

Beruntunglah kita hidup di jaman yang maju. Internet sudah dengan mudah diakses dari manapun dan menggunakan media apapun, serta berbiaya murah. Masalah pencatatan keuangan yang biasanya dilakukan secara manual, sekarang sudah dapat dilakukan secara terkomputerisasi dan bersifat online. Jadi kita bisa dengan mudah mencatat keuangan kita kapanpun.

Produk pencatat keuangan yang cukup populer di Indonesia adalah NgaturDuit.Com. Layanan ini sudah berjalan semenjak tahun 2009 hingga sekarang dan mendapatkan banyak pengguna. Yang membuat layanan ini menarik adalah gratis. Kita tidak dipungut biaya untuk menggunakan semua fasilitas yang tersedia. Selain itu, layanan ini juga berbahasa Indonesia dan mudah dikustomisasi sehingga mudah digunakan oleh masyarakat awam sekalipun.

Bagaimana cara menggunakannya?

Sesuai dengan namanya, kita bisa membukanya di alamat ngaturduit.com. Nanti Anda akan mendapati tampilan website yang sederhana berwarna dasar hijau. Silakan buat akun terlebih dahulu. Proses pembuatan akun juga sangat mudah, hanya cukup menentukan username dan password yang akan digunakan. Lebih mudah daripada membuat e-mail.

Setelah akun kita aktif, maka lakukan login. Hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah masuk ke menu Pengaturan. Ada beberapa hal yang harus disetting terlebih dahulu supaya akun NgaturDuit.Com bisa bekerja secara optimal. Jangan khawatir, tidak semuanya harus disetting. Hanya menu Rekening saja yang perlu disetting. Disini Anda harus melakukan Tambah Rekening sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Setelah Rekening selesai diatur, maka kita sudah siap menggunakan layanan NgaturDuit.com. Silakan masuk ke menu Transaksi untuk mulai melakukan pencatatan keuangan Anda. Setiap ada uang yang masuk atau keluar maka segera dicatat pada menu Transaksi itu. Nantinya kita akan mendapatkan rekapitulasi dan grafik yang terbentuk secara otomatis berdasarkan data-data keuangan yang sudah kita masukkan.

Tampilan website NgaturDuit.Com cukup sederhana dan informatif. Tidak akan butuh waktu yang lama untuk menyesuaikan diri dengan menu-menu yang ada disana. Website NgaturDuit.Com memiliki fungsi-fungsi lain yang bisa kita manfaatkan, misalnya informasi investasi, kalkulator zakat, dan konsultasi keuangan. Eksplorasi saja website ini dan Anda akan mendapatkan manfaat yang lebih.

Yang perlu dicatat adalah, NgaturDuit.com tidak terkoneksi dengan data-data di rekening Bank. Jadi jangan khawatir data Anda dicuri oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. NgaturDuit.com hanya bertindak sebagai layanan yang membantu Anda mencatat segala aktifitas keuangan Anda. Jadi tetap dibutuhkan kedisiplinan untuk mencatat segala pemasukan dan pengeluaran kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *