Membuat Radio Online Menggunakan Icecast2 Server, Shoutcast DSP, Flash Player

Pada halaman sebelumnya sebetulnya Radio Online Anda sudah bisa digunakan, namun pendengar harus menggunakan aplikasi pemutar lagu seperti Winamp, Windows Media Player, JetAudio, dll.

Sekarang kita akan memasang Player Radio Online di halaman website, sehingga pendengar ga perlu repot-repot membuka aplikasi tambahan, cukup mengakses website kita saja dan siaran langsung terdengar.

Saya sudah mencoba 2 player dan masing-masing memiliki cara yang berbeda dalam instalasinya. Semuanya bagus, free, dan mudah dalam instalasinya. Cukup mengerti kode html saja, maka Anda sudah bisa memasang player tersebut ke website Anda.

JWPlayer

Ini merupakan produk dari LongTailVideo, kelebihannya bisa gonta-ganti skin sehingga bisa disesuaikan dengan template website Anda. Untuk instalasinya, pertama Anda download JWPlayer dari websitenya.

Kemudian tambahkan skrip berikut ke website Anda

<span>&lt;p id='preview'&gt;If you cannot see the player, you must have a JavaScript enabled browser as well as the latest &lt;a href="<a class="smarterwiki-linkify" href="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer">http://www.macromedia.com/go/getflashplayer</a>"&gt;Flash Player&lt;/a&gt; installed.&lt;/p&gt;</span>
 &lt;script type='text/javascript' src='jwplayer/swfobject.js'&gt;&lt;/script&gt;
 &lt;script type='text/javascript'&gt;
 var s1 = new SWFObject('jwplayer/player.swf','player','328','21','8');
 s1.addParam('allowfullscreen','false');
 s1.addParam('allowscriptaccess','always');
<span> s1.addVariable('file','<a class="smarterwiki-linkify" href="http://ip-icecast2-anda:8000/stream">http://ip-icecast2-anda:8000/stream</a>');</span>
 s1.addVariable('type','sound');
 s1.addVariable('autostart','true');
 s1.write('preview');
 &lt;/script&gt;

Asumsinya adalah Anda membuat folder bernama “jwplayer” yang berisi file JWPlayer yang telah Anda upload ke hosting Anda. Jadi memang perlu download JWPlayer dari LongTailVideo, kemudian mengupload ke hosting Anda supaya bisa berjalan dengan baik. Sebaiknya Anda baca lagi dokumentasinya untuk mengkonfigurasi lebih jauh.

Stream Monster

Player yang kedua ini jauh lebih mudah daripada JWPlayer. Kita tidak perlu repot-repot mengerti kode html, juga tidak perlu mengupload file player ke dalam hosting. Hanya saja kita gak bisa gonta-ganti template dan sangat tergantung dengan server StreamMonster. Maksudnya, jika suatu saat server mereka down, maka player kita gak akan muncul karena semua skrip player berada di server StreamMonster.

Hanya saja menurut saya kemungkinannya sangat kecil, jadi jika Anda kurang paham mengenai kode html saya sarankan untuk menggunakan StreamMonster. Cukup isi form wizard disini, nanti Anda akan mendapatkan kode html yang langsung dipasang di website Anda.

Kurang lebih kodenya seperti ini :

&lt;script src="<a class="smarterwiki-linkify" href="http://streammonster.com/player/mp3player.php?link=http://ip-icecast2-anda:8000/stream&amp;title=nama-radio-anda&amp;skin=">http://streammonster.com/player/mp3player.php?link=http://ip-icecast2-anda:8000/stream&amp;title=nama-radio-anda&amp;skin=</a>"&gt;&lt;/script&gt;

Hasilnya Anda bisa lihat di http://radio.ple-q.com

Naah.. kurang lebih begitulah cara membuat Radio Online, saya tuliskan dengan sejelas mungkin. Mudah-mudahan tidak membingungkan dan bisa Anda ikuti dengan mudah. Misalnya ada tanya-tanya silakan tulis di bagian komentar. Kalo sempet tak bales, kalo ga ya minimal tak liat deh.. Kalo susah ya mungkin gak tak jawab hehehe…

Selamat mengudara!

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *