Selamat Datang Bulan Ramadhan

Hahahahahaha.. ya ya ya.. Postingan saya ini telat pake banget. Tapi daripada blog ini fungsinya cuma ngasih amal jariyah ke Rumahweb karena ga pernah diisi, yaa akhirnya mbikin postingan tentang bulan Ramadhan aja deh.

Bulan Ramadhan tahun ini menurutku sangat spesial buat aku. Karena di bulan inilah aku ngerasa.. ehm.. bahwa aku bukanlah siapa-siapa.. orang yang terlalu sombong.. padahal bukan siapa-siapa. Ya.. awal bulan ramadhan ini aku ngerasa maluuuuuu banget.

Ini ada hubungannya dengan kuliah pascasarjanaku di UGM…

Selama 3 bulan kemaren, aku mengikuti kelas Matrikulasi MMI sebagai syarat supaya bisa diterima di Ilmu Komputer UGM. Nah, materi kuliah di kelas Matrikulasi itu merupakan materi semester 1 setingkat Sarjana. Jadi sebenernya gampaaaangg banget. Nah.. karena gampangnya itulah aku jadi nggampangin.. Semangat belajar jadi biasa aja (walopun ga turun), tugas juga dibuat asal-asalan, masuk telat, dan lain sebagainya.

Waktu ujian pun juga pede nggak bawa catetan (ceritanya open book) karena yakin aja pasti bisa ngerjain semua soal-soalnya. Dan bener.. aku bisa ngerjain semua soalnya. Mulai dari praktikum sampe ujian teori bisa aku lalui dengan mudah. Wah.. tambah jumawa aku ini..

Akhirnya perkuliahan libur selama 2 minggu.. Nunggu pengumuman kelulusan.. Udah pede kalo aku bakalan lulus..

Di hari pengumuman.. aku iseng telpon Pak Sugeng di UGM, beliau ini bagian administrasi di kampusku. Hasilnya adalah diluar dugaan.. AKU NGGAK LULUS…

Tau rasanyaa?? Sakiiiiittttt….!!! Rasanya kayak ditampar pake sendal jepit!

Intinya aku disuruh dateng ke UGM untuk ujian ulang pada hari Senin (24 Agustus 2009). Di hari itu ada 6 orang yang bernasib sama. Dan aku kaget karena sebagian besar adalah orang yang aku anggap mampu untuk melewati kelas Matrikulasi.

Pada saat itulah aku ngerasa bahwa aku itu terlalu sombong.. sudah sombong sama kuliah.. juga sombong kepada Allah. Entah kapan aku main ke masjid untuk shalat jamaah.. shalat 5 waktu juga bolong-bolong.. gak pernah ngaji.. dan lain-lain. Nah.. hari-hari sebelum tanggal 24 itu tiba-tiba aku jadi orang yang alim.. Ngomong diatur.. shalat jadi kenceng.. belajar juga kenceng.. Pokoknya aku akan berusaha semaksimal mungkin.

Hari ujian tiba.. kita ujiannya running dari jam 8 pagi sampe sore.. dan langsung pulang ke Semarang.. Hasil ujian akan diumumkan 3 hari kemudian. Wah tambah deg-degan..

Akhirnya.. Alhamdulillah Ya Allah.. Aku dinyatakan lulus ujian.. Dan bisa melanjutkan ke jenjang S2..

Nilai yang aku dapat dari kejadian ini adalah.. Allah itu maha besar dan maha kuat. DIA bisa mengubah nasib orang sesuka dia. Asal tau aja… Jawaban yang aku tulis di ujian pertama dan ujian ulang itu sama persis. Karena memang aku rasa tidak ada yang perlu diubah.. karena aku yakin itu bener..

Ya.. ini adalah peringatan.. kalo aku masih suka lupa sama DIA.. bukan nggak mungkin aku dikasih cobaan yang lebih berat lagi.. dan itu buat DIA sangatlah mudah…

Baiklah.. selamat menyambut datangnya bulan Ramadhan.. bulan dimana pahala sedang di obral.. kadang malah minta pahala 1 dapetnya 7. Jadi.. siap-siaplah kebanjiran pahala.. persiapkan kondisi dan hati.. mari kita sambut Ramadhan dengan hati gembira…