Horeee… Bisa Internetan Dirumah

Setelah bertahun-tahun kalo mau nge-net dirumah menggunakan akses dari Telkomnet@instan yang mahal dan lelet, kemudian juga sekali-kali make gprs dari Kartu Halo, Flexi, dan Jagoan Prepaid yang harganya juga masih kemahalan. Akhirnya… mulai hari Selasa kemaren (basbang ya?) aku udah bisa nge-net dirumah dengan harga cukup terjangkau.

Terima kasih buat Starone yang telah mengeluarkan Paket Pekgo di kartu Jagoan Postpaid-nya, kenapa? karena dengan hanya mengeluarkan 150 ribu perbulan, udah dapet akses internet dengan quota 1GB. Trus, kalo misalnya over quota, cuma di charge 500 perak per mb. Murah banget khan? trus untuk koneksi sampai saat ini belom ada masalah yang terlalu fatal. Paling cuma kadang-kadang koneksinya putus, ya maklum lah, koneksi make gprs cdma emang ga bisa diandelin masalah kestabilannya.

Untuk pendaftaran Jagoan Postpaid menurutku cukup ribet. Sangat berbeda dengan pendaftaran Kartu Halo yang hanya membutuhkan fotokopi KTP dan materai, yang Jagoan ini membutuhkan : Fotokopi KTP, Kartu Keluarga, Rekening Telpon, dan materai. Kemudian harus disurvey yang memakan waktu cukup lama (5 hari). Jadi buat kalian yang mau ndaftar, pastikan persyaratannya dipenuhi ya…

Gimana cara makenya? ternyata juga cukup mudah, setelah berputar-putar sebentar di dunia maya, langsung dapet cara nge-net make HP. Yang harus dipersiapkan adalah HP dan kabel data. Saya make Nokia 2116 dan kabel data CA-42 (aku beli 35 ribu di toko komputer, bukan konter HP). Setelah kedua hal itu siap, maka dilanjutkan dengan proses penginstallan dan penyettingan.

Linux

Untuk penginstallan dan penyettingan di Linux sebenarnya cukup mudah, tapi saya belum mendapatkan cara yang lebih mudah lagi. Jadi kalo misalnya tutorial ini dianggep kurang bergizi apalagi basbang, mohon maap ya?

Kebetulan saya dirumah make Ubuntu 6.06. Saya rasa sih sama aja deh caranya. Pertama, konekkan kabel data CA-42 dan HP ke pc/laptop. Kemudian masuk ke shell prompt, dan ketikkan perintah : “sudo wvdialconf”

Nanti akan terjadi proses pendeteksian HP sebagai modem. Nah, kalo tidak ada aral melintang, seharusnya HP langsung ke detek sebagai modem.

Setelah itu, silakan edit file yang ada di /etc/wvdial.conf

[Dialer Defaults]
Modem = /dev/ttyUSB
Baud = 230400
Init1 = AT+crm=1
Init2 = AT+cso=33
ISDN = 0
Modem Type = USB Modem
Phone = #777
Username = starone
Password = indosat

Perlu diketahui, setelah anda mengetikkan “sudo wvdialconf” tadi, yang perlu dicatat adalah letak device modem. Dalam kasus ini, modem saya terdetek di /dev/ttyUSB. Sesuaikan dengan yang ada di pc anda. Setelah itu disimpan, dan proses ini tidak perlu diulangi lagi, kecuali kalo anda ingin ganti provider.

Untuk memulai koneksi, silakan ketik “sudo wvdial”. Nanti akan muncul proses koneksi yang mungkin bagi orang awam itu agak “mengerikan”, karena yang muncul adalah tulisan aneh yang susah untuk dimengerti. Sudah, biarkan saja sampai ada tulisan angka-angka yang menunjukkan alamat DNS anda. Nah selamat anda sudah konek!

Bagaimana cara memutuskannya? cukup tekan “Ctrl+C”, maka koneksi akan terputus. Kemudian tekan “Ctrl+C” sekali lagi untuk kembali ke shell prompt.

Gimana mudah khan? sayangnya saya belum menemukan cara yang lebih mudah lagi. Oh iya, semua itu nggak butuh driver!! Linux emang oye!!..

Windows

Bagaimana dengan Windows? Ternyata tidak kalah mudah dengan di Linux, tapi tetep butuh kesabaran. Kenapa? karena anda diharuskan menginstall driver untuk kabel data dan modem.

Pertama, colokan kabel data CA-42 kedalam pc anda. Biarkan Windows untuk mendeteksi kabel data. Kalo udah minta driver, masukkan cd yang disertakan dalam box kabel data CA-42. Install dan lanjutkan proses instalasi seperti biasa. Yang perlu diingat adalah lokasi port kabel data. Ada di COM brapa? di komputerku ada di COM5.

Kedua, sambungkan kabel data yang sudah terinstall tadi kepada HP. Kemudian masuk ke Control Panel. Masuk ke tempat penyettingan modem untuk menginstall HP sebagai modem. Cukup klik Add Modem saja.

Yang membedakan antara Windows dan Linux adalah, di Windows membutuhkan driver untuk nginstall modem. Nah, pada saat Add Modem itu, pilih opsi “don’t detect my modem” trus klik “Have Disk“. Pilih driver yang sesuai dengan HP anda, kemudian pilih yang ada tulisannya “3G”. Selanjutnya, sesuaikan dengan COM kabel data. Trus tunggu bentar sampai modem anda selesai diinstall.

Pastikan modem anda sudah diinstall dengan benar, dengan cara masuk ke “Device Manager” kemudian pilih modem anda, klik kanan –> Properties. Pilih tab Diagnostic dan klik Query Modem. Kalo tidak ada error alias berhasil, maka modem sudah siap pakai.

Sekarang tinggal membuat koneksi. Masuk ke Network Properties, kemudian buat sambungan baru. Dengan parameter :

Connection Name : Starone
Dial : #777
Username : starone
Password : indosat

Sudah siaaappppp, sekarang anda sudah siap internetan dirumah.

 

One Reply to “Horeee… Bisa Internetan Dirumah”

Tinggalkan Balasan